Migrain (Sakit Kepala Sebelah): Penyebab, Pencegahan & Pengobatannya

21 Nov

Migrain atau sering juga disebut sakit kepala atau pusing sebelah adalah nyeri kepala berdenyut yang kerapkali disertai mual, muntah. Penderita biasanya sensitif terhadap cahaya, suara, bahkan bau-bauan. Sakit kepala ini paling sering hanya mengenai satu sisi kepala saja, kadang-kadang berpindah ke sisi sebelahnya, tetapi dapat mengenai kedua sisi kepala sekaligus.

Migrain kadang kala agak sulit dibedakan dengan sakit kepala jenis lain. Sakit kepala akibat gangguan pada sinus atau akibat ketegangan otot leher mempunyai gejala yang hampir sama dengan gejala migrain. Migrain dapat timbul bersama penyakit lain misalnya asma dan depresi. Penyakit yang sangat berat, misalnya tumor atau infeksi, dapat juga menimbulkan gejala yang mirip migrain. Namun kejadian ini sangat jarang.

Macam Migrain

Migrain dibagi dalam 2 golongon besar, yaitu:

1. Migrain Biasa (migrain tanpa aura) : Kebanyakan penderita migrain masuk ke dalam jenis ini. Migrain biasa ditandai dengan nyeri kepala berdenyut di salah satu sisi dengan intensitas yang sedang sampai berat dan semakin parah pada saat melakukan aktifitas. Migrain ini juga disertai mual, muntah, sensitif terhadap cahaya, suara, dan bau. Sakit kepala akan sembuh dalam 4 sampai 72 jam, sekalipun tidak diobati.

2. Migrain Klasik (migrain dengan aura ) : Pada jenis klasik, migrain biasanya didahului oleh suatu gejala yang dinamakan aura, yang terjadi dalam 30 menit sebelum timbul migrain. Migrain klasik merupakan 30% dari semua migrain.

Penyebab Migrain

Penyebab pasti migrain masih belum begitu jelas. Diperkirakan, adanya hiperaktiftas impuls listrik otak meningkatkan aliran darah di otak, akibatnya terjadi pelebaran pembuluh darah otak serta proses inflamasi. Pelebaran dan inflamasi ini menyebabkan timbulnya nyeri dan gejala yang lain, misalnya mual. Semakin berat inflamasi yang terjadi, semakin berat pula migrain yang diderita. Telah diketahui bahwa faktor genetik berperan terhadap timbulnya migrain.

Gejala Migrain

Gejala Awal: Satu atau dua hari sebelum timbul migrain, penderita biasanya mengalami gejala awal seperti lemah, menguap berlebih, sangat menginginkan suatu jensi makanan (mislanya coklat), gampang tersinggung, dan gelisah.

Aura: Hanya didapati pada migrain klasik. Biasanya terjadi dalam 30 menit sebelum timbulnya migrain. Aura dapat berbentuk gangguan penglihatan seperti melihat garis yang bergelombang, cahaya terang, bintik gelap, atau tidak dapat melihat benda dengan jelas. Gejala aura yang lain yaitu rasa geli atau rasa kesemutan di tangan. Sebagian penderita tidak dapat mengucapkan kata-kata dengan baik, merasa kebas di tangan, pundak, atau wajah, atau merasa lemah pada satu sisi tubuhnya, atau merasa bingung. Penderita dapat mengalami hanya satu gejala saja atau beberapa macam gejala, tetapi gejala ini tidak timbul bersamaan melainkan bergantian. Suatu gejala aura biasanya menghilang saat nyeri kepala atau gejala aura yang lain timbul. Namun kadang-kadang gejala aura tetap bertahan pada permulaan sakit kepala.

Sakit kepala dan gejala penyerta: Penderita merasakan nyeri berdenyut pada satu sisi kepala, sering terasa di belakang mata. Nyeri dapat berpindah pada sisi sebelahnya pada serangan berikutnya, atau mengenai kedua belah sisi. Rasa nyeri berkisar antara sedang sampai berat. Gejala lain yang sering menyertai nyeri kepala antara lain:

* Kepekaan berlebihan terhadap sinar, suara, dan bau
* Mual dan muntah
* Gejala semakin berat jika beraktifitas fisik

Tanpa pengobatan, sakit kepala biasanya sembuh sendiri dalam 4 sampai 72 jam.

Gejala Akhir: Setelah nyeri kepala sembuh, penderita mungkin merasa nyeri pada ototnya, lemas, atau bahkan merasakan kegembiraan yang singkat. Gejala-gejala ini menghilang dalam 24 jam setelah hilangnya sakit kepala.

Pencetus Migrain

Migrain dapat dicetuskan oleh makanan, stres, dan perubahan aktivitas rutin harian, walaupun tidak jelas bagaimana dan mengapa hal tersebut dapat menyebabkan migrain. Pencetus migrain antara lain:

* Konsumsi makanan tertentu, seperti coklat, MSG, dan kopi
* Tidur berlebihan atau kurang tidur
* Tidak makan
* Perubahan cuaca atau tekanan udara
* Stres atau tekanan emosi
* Bau yang sangat menyengat atau asap rokok
* Sinar yang sangat terang atau pantulan sinar matahari.

Di seluruh dunia, migrain mengenai 25% wanita dan 10% pria. Wanita dua sampai tiga kali lebih sering terkena migrain dibanding laki-laki. Migrain paling sering mengenai orang dewasa (umur antara 20 sampai 5o tahun), tetapi seiring bertambahnya umur, tingkat keparahan dan keseringan semakin menurun. Migrain biasanya banyak mengenai remaja. Bahkan, anak-anak pun dapat mengalami migrain, baik dengan atau tanpa aura. Resiko mengalami migrain semakin besar pada orang yang mempunyai riwayat keluarga penderita migrain.

Pengobatan Migrain

Pada tahap awal, anda dapat menggunakan antinyeri yang dapat dibeli bebas tanpa resep, seperti parasetamol, atau obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) seperti aspirin, ibuprofen, atau natrium naproxen, untuk mengurangi gejala migrain. Dokter biasanya menganjurkan untuk lebih dahulu menggunakan NSAID untuk melihat apakah obat ini mampu mengurangi nyeri sebelum memberikan obat anti migrain golongan lain yang harus dibeli dengan resep, yang mempunyai banyak efek samping.

Anda juga dapat mencoba mengurangi frekuensi timbulnya migrain dengan mengenali dan menghindari pencetus yang dapat menyebabkan migrain.

Jika migrain yang anda derita ringan sampai sedang, anda hanya perlu antinyeri yang dijual bebas untuk menghilangkan gejala. Jika migrain anda sedang sampai berat, anda perlu antimigrain yang dibeli dengan resep. Jika anda sering mengalami serangan migrain, dokter mungkin menyarankan untuk meminum obat pencegah migrain.

Beberapa obat pencegah migrain dapat menimbulkan efek samping ringan sampai berat pada beberapa penderita. Penderita yang mempunyai gangguan jantung atau tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol sebaiknya tidak mengkonsumsi obat ini. Pasien yang berumur lebih dari 65 tahun, obat pencegah migrain tidak dianjurkan.

Biasanya anda perlu mencoba beberapa jenis obat sebelum anda menemukan salah satu yang paling cocok dengan anda. Jika anda mengalami mual atau muntah sebagai efek samping pengobatan antimigrain, dokter anda juga biasanya meresepkan obat anti mual muntah seperti proklorperazin atau metoklopramid, untuk mengurangi gejala tersebut.

Walaupun obat-obatan biasanya merupakan pengobatan utama migrain, terapi pelengkap biasanya dapat membantu mengurangi gejala dan frekuensi serangan migrain. Terapi pelengkap antara lain:

* Akupuntur, yaitu dengan menusukkan jarum yang sangat halus ke kulit pada titik tertentu untuk menimbulkan aliran energi di sekujur tubuh. Tindakan ini dapat membantu relaksasi otot dan mengurangi nyeri kepala.

* Teknik Relaksasi, yang dapat membantu mengurangi stres dalam kehidupan sehari-hari.

Jika migrain tidak sembuh walaupun sudah mendapat pengobatan, perlu untuk mengubah jenis obat. Jika belum sembuh juga, tes tambahan seperti MRI atau CT Scan perlu dilakukan untuk menyingkirkan penyebab lain.

Apa yang dapat anda lakukan di rumah?

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan di rumah untuk mengurangi frekuensi serangan dan mengurangi gejala, misalnya mengurangi stres dan mengenali pencetus migrain, kemudian menghindarinya.

* Atasi stres yang anda alami, karena migrain lebih sering terjadi pada masa-masa stres.
* Mengikuti latihan relaksasi untuk mengunragi ketegangan otot.
* Menyediakan obat antinyeri yang dapat dibeli bebas di toko obat.
* Buatlah catatan harian mengenai sakit kepala anda. Hal ini dapat membantu anda untuk mengenali pencetus, kemudian menghindarinya. Dari catatan ini juga dapat diketahui apakah migrain anda semakin sering atau bertambah berat.
* Jika anda memperkirakan bahwa migrain yang anda alami mempunyai hubungan depresi atau kecemasan, cobalah minta pertolongan untuk mengatasi depresi dan kecemasan ini. Berkurangnya depresi dan kecemasan terkait dengan berkurangnya frekuensi serangan migrain.

Cara Mencegah Migrain

Cara terbaik untuk mengatasi migrain adalah dengan menghindarinya. Dengan mengenali dan menghindari pencetus, jumlah serangan dan tingkat keparahan migrain dapat dikurangi. Memang, beberapa pencetus di luar kemampuan kita untuk mengontrolnya, tetapi ada beberapa diantaranya yang dapat kita hindari. Hal-hal berikut dapat membantu anda untuk mencegah migrain:

* Mengenali pencetus migrain dengan membuat buku harian
* Tidur dan beraktivitas secara teratur
* Makan teratur, dan menghindari makanan yang dapat mencetuskan migrain
* Mengatasi stres
* Menghindari asap rokok, baik sebagai perokok aktif maupun pasif

Pencegahan dapat pula dilakukan dengan obat-obatan, walaupun dapat terjadi efek samping dari ringan sampai sedang. Obat ini juga biasanya agak mahal. Tetapi, obat ini kadangkala efektif untuk mencegah dan mengurangi keparahan migrain, sehingga memperbaiki kualitas hidup.

Hubungi dokter Anda jika …

* Sakit kepala anda tidak membaik dalam 1 atau 2 hari, atau anda sering terbangun pada malam hari.
* Sakit kepala anda semakin hebat atau menjadi lebih sering
* Timbul gejala baru
* Ada masalah dengan pengobatan anda
* Anda mengalami sakit kepala setelah aktifitas fisik, aktivitas seksual, batuk, atau bersin
* Aktifitas anda terganggu oleh sakit kepala anda (misalnya, anda seringkali harus absen dari pekerjaan atau sekolah).

dan segera ke rumah sakit jika …

1. Anda mengalami sakit kepala sangat hebat yang terjadi tiba-tiba yang tampaknya tidak seperti sakit kepala yang pernah anda alami.

2. Anda mengalami demam dan kaku leher

3. Anda mengalami mual dan muntah yang hebat sehingga tidak bisa makan atau minum.

4. Anda mengalami gejala stroke, antara lain:

* Kebas, paralisis, atau kelemahan pada wajah, lengan atau kaki yang tiba-tiba.
* Merasa pusing dan oyong
* Perubahan penglihatan yang mendadak
* Gangguan berbicara atau memahami kalimat sederhana
* Gangguan berjalan atau berdiri.

About these ads

98 Tanggapan to “Migrain (Sakit Kepala Sebelah): Penyebab, Pencegahan & Pengobatannya”

  1. Yuu Januari 8, 2010 at 10:49 #

    saya salah satu penderita migrain aura. sakitnya sering datang tanpa diduga. kadang disertai mual dan muntah. sakitnya bisa hilang total sekitar 2 hari. bisa tolong disebutkan, obat anti migrain maupun penghilang rasa sakit yang tepat untuk saya?

    • sayangdibuang Januari 13, 2010 at 10:49 #

      Yuu yang baik…terima kasih atas komentarnya. Memang berdasarkan info yg saya dapat, ada obat-obatan utk migrain dlm terapinya (medikamentosa migren) yg dibagi ke dalam 2 strategi, yaitu:

      1. terapi abortif, yang dilakukan untuk menghentikan serangan. Obat-obatan yang digunakan untuk terapi abortif meliputi: analgesik (paracetamol, aspirin) atau anti-inflamasi non steroid (ibuprofen, naproxen); agonis serotonin (sumatriptan), alkaloid ergot (ergotamine, methysergide); neuroleptik (chlorpromazine,prochlorperazine); dan steroid (deksametason, hidrokortison).

      2. terapi profilaksis, yang dilakukan untuk mencegah serangan yang akan datang. Obat-obatan untuk terapi profilaksis meliputi: anti-depressant (amitriptyline, fluoxetine, imipramine); beta-blocker (propanolol, atenolol, metoprolol); calcium channel blocker (diltiazem, nifedipine, verapamil); OAINS; antagonis serotonin (methysergide, cyproheptadine); dan anti-konvulsan.

      Namun. dlm penggunaannya hrs betul-betul dlm pengawasan ahlinya (dokter). Jadi, saya hanya bisa menyarankan agar Anda datang ke dokter agar penanganan penyakit Anda lebih tepat karena dipegang oleh orang yg memang memiliki keahlian itu.

      Saya mendoakan semoga Yuu bisa sehat kembali. Salam.

      • ainun rokhmah Maret 31, 2013 at 10:49 #

        saya jg sering migren,migren itu kambuh setelah sya menkonsumsi kopi,sesuatu yg berbau coklat.pasti langsung kambuh dah.
        dari gejala yg saya alami tergolong migren aura,dan setelah gejala aura nya itu hilang sakit kepala sebelahnya baru terasa sakit.biasanya sya jarang minum obat pereda nyeri.jika kambuh saya istrhat tidur dg posisi miring(jika gejala aura nya kepala sebelah kiri,berratti yang sakit migrain kepala sebelah kanan,nah trus saya istrhatnya miring menghadap ke kanan)lalu kemudian stlh bbrp jam sembuh dg sendirinya..
        apa ya obat yang manjur biar migrain itu sembuh total….??soalnya sulit bngt sembuhnya…

      • linda aulia Juli 2, 2014 at 10:49 #

        Ok’ terimakasih saran dan do’a nya…good luck

    • diana Juli 28, 2012 at 10:49 #

      migrain itu menular gga siihh???

    • Mikaileka November 29, 2012 at 10:49 #

      saya juga sering kena migrain..artikel diatas sangat2 mirip dengan yang saya alami, baik itu penyebab maupun cara mengatasinya. saya sudah lakukan itu semua. Tapi mmg terkadang migren datang tanpa diduga dan seringnya sampai saya muntah, dan untuk itu saya selalu sedia obat di rumah maupun di kantor. klo saya cuma konsumsi Neuralgin. dan sangat efektif, 30 menit kerasa efeknya migren langsung hilang..

    • Boy Bangun Maret 21, 2013 at 10:49 #

      Halo , saya juga penderita Migrain klasik. Kalau mau coba silahkan ikuti cara saya selama ini, yaitu makan 2 butir obat pereda sakit yang biasa kamu makan (kalau saya “Oskadon Biru” karena tidak bikin ngantuk) ketika mengalami aura. Jangan sampai masa aura lewat baru makan obat karena percuma saja, sakit kepalanya akan sulit diobati walau makan banyak obat.

  2. reika Maret 13, 2010 at 10:49 #

    saya migrain sebelah kiri. belum lama saya periksa ke puskesmas di sana saya juga melakukan pemeriksaan mata, hasilnya mata saya normal. dokter memberikan saya obat, apabila seminggu kemudian saya masih merasakan migrain dokter menganjurkan saya kembali untuk dirujuk ke dokter saraf. namun saya tidak kembali lagi karena takut hal buruk terjadi pada saraf saya diusia yg masih belia. apakah migrain bisa disembuhkan secara permanent? adakah saran yg dapat saya terapkan?

    terimakasih..

    • sayangdibuang Maret 21, 2010 at 10:49 #

      saya tdk tahu persis diagnosis penyakitnya. Utk itu perlu ke ahlinya, dlm hal ini dokter tentunya. Bila dokter puskesmas dirasa kurang meyakinkan maka cobalah utk ke rumah sakit yg lebih besar dan dpt dipercaya di kota, misalnya RSUD atau RS swasta yg memiliki kredibilitas yg baik. Selamat mencoba dan jgn putus asa.

  3. ray Mei 9, 2010 at 10:49 #

    Saya pernah membaca terapi migrain dapat dilakukan dengan tanpa obat-obatan, salah satunya dengan biofeedback dan relaksasi, apa dan bagaimana cara melakukannya?

    • sayangdibuang Juni 2, 2010 at 10:49 #

      Biofeedback (BF) ada beberapa macam, bisa thermal BF (temprature & handwarming BF), blood flow FB dsb. BF ada jg yg menggunakan alat utk mengukurnya.

      BF untuk mengontrol migrain dpt dilakukan dg teknik relaksasi seperti relaksasi progresif. Berikut adalah latihan relaksasi sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah, yaitu:
      1. Berbaringlah atau duduk di kursi yang nyaman. Pakailah pakaian longgar.
      2. Tutup mata Anda dan bayangkan pengetatan otot-otot di kaki Anda. Kemudian lepaskan otot tersebut.
      3. Berikutnya, perhatian langsung Anda ke betis Anda, tegangkan dan kemudian lemaskan otot-otot ini dengan cara yang sama.
      4. Lanjutkan terus ke badan, termasuk tangan Anda, sampai Anda mengakhiri dengan kulit kepala Anda.

      Metode lain juga bisa, misalnya teknik NLP (neuro linguistic program) dg cara membayangkan penyakit migrain tsb menjadi suatu benda, lalu benda itu dihancurkan hingga tuntas.

      Cara lain yg jg bisa dipakai dg senam atau latihan pernafasan. Shalat dan zikir jg merupakan terapi dg iringi nafas yg teratur dan pikiran yg tenang. Membaca Al-Qur’an dg nafas yg benar jg merupakan terapi.

      Namun, utk lebih baiknya jika dikonsultasikan ke dokter yg lebih ahli, Ok!

      Semoga berguna!

  4. obat migraine alami Juni 19, 2010 at 10:49 #

    Mau Share Ya. Propolis bisa menjadi solusi kesehatan untuk berbagai penyakit, termasuk sakit kepala migrain, yang bekerja secara holistik. Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah sebagai obat dan pencegahan penyakit (Hampir semua kitab suci menulis tentang lebah, Q.S. An Nahl Ayat 68 & 69). Info tentang propolis dapat kunjungi obatpropolis.com
    semoga bermanfaat

  5. Budi Cahyadi Juni 25, 2010 at 10:49 #

    Bener ga sih, katanya air kelapa muda bisa menyembuhkan/mengurangi migrain?

    • sayangdibuang Juli 30, 2010 at 10:49 #

      Cara yang termudah utk mengetahui khasiatnya adalah dg mencobanya. Selamat mencoba!

    • dwi Juni 15, 2011 at 10:49 #

      itu buat orang hamil agar bayinya bersih…. tahu kan sekarang!!!!!!!!!

    • fidel syatri November 17, 2012 at 10:49 #

      kelapa muda lebih baik dibakar hingga hitam,jng dibuka dulu detelah semua kulitnya hitam spt hangus lalu airnya diminum…rasakan khasiatnya

  6. Ria Juni 25, 2010 at 10:49 #

    Saya sering kali merasakan sakit kepala sebelah kadang 1 x 2 hari datang.
    Saya mau tanyakan apakah ada penyakit berbahaya yang berhubungan dengan gejala sakit kepala sebelah?

    Sesuai penjelasan anda di atas saya rasa itu semua saya alami, termasuk tidak mengerti kalimat sederhana dari seseorang.
    Cara mengatasinya bagaimana?

    Terima kasih

    • sayangdibuang Juli 20, 2010 at 10:49 #

      Seperti yg telah dijelaskan di tulisan, Ria bisa saja menguranginya dg menghindari hal-hal yg bisa mencetuskan migrain, mencoba obat penahan nyeri, dan mencoba relaksasi dsb. Namun, jika hal tsb kurang memuaskan, lebih baik konsultasi pada dokter ahli utk penyembuhannya, okay!

  7. Gamer Juli 17, 2010 at 10:49 #

    terimakasih informasinya sangat membantu,semoga berguna juga buat yang lainnya.

  8. kamarudin Agustus 9, 2010 at 10:49 #

    Kalo migrain itu terlalu banyak penyebabnya.. terlalu banyak mikir and kurang tidur terlalu banyak hisap udara kotor.

  9. wiwid Oktober 4, 2010 at 10:49 #

    Saya jg penderita migrain di kepala sebelah kanan belakang biasanya kambuh klo smpe telat makan(sarapan),stres dan kecapean!Kalau sedang kumat badan rasanya lemah,keringat dingin,badan gemetar, mual dan mau muntah pokoknya nggak enak banget bisa mengganggu aktifitas!Basanya saya obati cara alami dengan minum teh/kopi puanas dan muanis banget tp sembuhnya perlu waktu lama kira-kira 4-6 jam!Tapi kalau minum obat seperti(maap sebut merk) Bodrex,Paramex,Saridon atau yang penting obat sakit kepala bisa langsung sembuh tanpa memakan waktu lama tapi saya takut efek smpingnya nich!

    • john November 28, 2011 at 10:49 #

      sama dengan saya,biasanya saya juga cepat sembuh klo dah minum obat.satu jam sudah sembuh.saya juga takut efek sampingnya.belum tau jalan keluarnya yg alami

  10. joko November 8, 2010 at 10:49 #

    saya penderita migran lebih dari 5 th tp gak separah 2 th belakangan ini “rasa nya nyeri banget di kepala sebelah kanan”dan ada otot yg trasa kras di atas alas sebelah kanan dan tu penyebab ke nyeriaane “bahkan klu kambuh bisa 5 hari”tlong bagaimana mengatasi nya?

    • aji Juli 15, 2011 at 10:49 #

      coba bapak ikut program relaksasi musik. tapi syaratnya harung menggunakan earphone sendiri, ada program untuk relaksai musik. nama softwarenya natura sound teraphy…atau kalau punya waktu lebih coba dengan terapi batu giok…terimakasih

  11. Chrizt Desember 3, 2010 at 10:49 #

    5 tahun yang lalu saya mulai merasakan sakit kepala…Jika saya Kelelahan seperti baru Lari..

    dan 2 thn lalu(MA) Sakit kepala semakin parah…Saya bingung apa yang menyebabkan sering sakit kepala…Tapi yang jelas Pada saat “Ada masalah”…. SAKIT KEPALA sudah menjadi langganan…Padahal masalah yang saya hadapi bukan masalah yang sangat besar…Saya sendiri masih berpikir seharusnya saya masih bisa mengendalikannya…Tp ya sudah lah…Jadi Saya pun hanya menganggap Sakit kepala itu hanya Akibat stress…Dan 2 thn lalu ini dgn tdr…Sakit kepala sudah bisa sembuh…Hanya sesekali minum obat…

    Tapi 1 thn belakangan kondisi saya benar menurun…Daya ingat saya sangat lemah…Hanya berpikir soal yang sedikit matematis sj Kepala Saya sudah sakit…Jadi Saya pun berusaha untuk tidak berpikir terlalu banyak…
    Tapi Saya merasa dengan cara ini malah saya semakin pelupa…Sungguh Lemah Daya ingatnya…

    Lalu 2 hari yang lalu saya Sakit kepala dan sudah tidur 5 jam tp tidak sembuh…Lalu Saya pun minum obat…padahal saya sudah sering minum obat sakit kepala ini…karena sekarang jika sudah sakit kepala tanpa minum obat tidak akan sembuh…Paling sedikit 1 bln…Dapet langganan 2 kali…kadang 4 kali…

    Setelah sakit kepala mulai sembuh…
    Malah Mual dan pusing yang muncul serta oyong – oyong…
    Oyong yang paling tidak tertahankan….Kek gempa…semua goyang…tidur pun tidak bisa…
    dan sekarang gak nafsu mkn…mau mkn Terasa mual…pdhl lpr….

    udah gitu…Kadang – kadang bisa oyong – oyong…kek gempa susulan dengan scala yang ringan…
    Kira – kira apa yang terjadi dengan saya…Gejala Apakah ini?

    • rose ariani Mei 27, 2011 at 10:49 #

      yang anda alami sama seperti saya….oyong2, sesak nafas, mual…n jadix susah tidur.
      Apakah ini tanda2 migrain qta bertambah parah…atau penyakit migrainx berkembang k pnyakit yg agak menakutkan lagi ” Tumor “….

      • Haeniah Hadi November 24, 2012 at 10:49 #

        naudzubillahuminzaalik…Ya Allah…berikanlah hamba kesehatan Ya Allah…aamiiinnn

    • aji Juli 15, 2011 at 10:49 #

      mungkin bapak terkena animea atau tekanan darah rendah. coba periksa tekanan darah bapak…

  12. Jamaludin Desember 21, 2010 at 10:49 #

    Saya juga mengalami migrain sudah 5 bulan dalam 1 bulan mungkin kambuh sekitar 2 atau 3 kali, saya sudah ke dokter syaraf dan dokter menyarankan untuk mencopot gigi saya yang katanya susunannya kurang bagus sehingga mengganggu syaraf tertentu. Dokter gigi menyarankan saya untuk operasi untuk mencabut gigi, pertanyaan saya Apakah benar ada hubungan antara susunan gigi dengan syaraf di kepala, apakah bisa copot gigi tanpa operasi?

    terima kasih.

    • sayangdibuang Januari 3, 2011 at 10:49 #

      Gigi memiliki hubungan syaraf bukan hanya di kepala, tapi juga bagian tubuh lain. Oleh karena itu, jgn anggap enteng atau sepele sakit gigi.
      Apakah ada cara utk copot gigi tanpa operasi? Ada cara manual spt yg saya lakukan waktu kecil dulu, tapi apakah anda mau melakukannya?
      Caranya dg mengikat gigi dg benang dan menggerak-gerak atau menarik-narik benang tsb sampai gigi goyang dan copot.
      Tentang operasi cabut gigi, operasi apa yg dimaksud? Apakah hanya sekadar gusi disuntik hingga baal lalu dicabut giginya itu disebut operasi? Atau ada penyayatan/pembedahan pada gusi pada pencabutan gigi?
      Coba tanyakan dan konsultasikan pada ahlinya dan pilihan akhirnya ada pada Anda tentunya.

  13. supriyadi marsan Desember 28, 2010 at 10:49 #

    Salam
    Natur nuhun …sebelum anda memilih sebuah metode solusi sebaiknya anda mengenal dulu apa sebenarnya yang terjadi dengan tubuh (kepala) kita.
    Tidak ada mudharatnya bapak dan ibu ke tempat saya untuk memulihkan kesehatan internalk tubuh itu.Insya ALLAH dalam 2x terapi dalam 3 hari masalah migren anda sembuh total dan tidak balik lagi tanpa obat-obatan dan alat-alat bantu seperti yang dikenal selama ini.
    Jangan ditunda karena proses degeneratif (kerusakan jaringan) pada kepala terus berjalan,dan selain rasa sakit yang sangat sudah pasti mengganggu aktivitas kerja.
    info lain di fb grup TERAPI PEMULIHAN KESEHATAN INTERNAL TUBUH/TRANSIT SEHATI.
    Sebelumnya terima kasih atas pemuatannya.
    wassalam

  14. setya Januari 14, 2011 at 10:49 #

    Saya sering pusing bagian kepala sebelah kiri,rasanya kepala kyk d teken banget,,
    Paling sering siang,apalagi klu ada masalah sedikit aja kepala langsung sakit banget,,
    Apa perlu saya CT scan??

    • sayangdibuang Januari 14, 2011 at 10:49 #

      Apakah anda sdh ke dokter utk diperiksa? Kalau dari hasil pemeriksaan dan dokter memandang perlu atau harus dilakukan CT scan, maka lakukanlah! Anda sdh di tangan ahlinya atau yg lebih tahu. Terima kasih!

  15. siaiiy Februari 1, 2011 at 10:49 #

    mau tnya,,
    sy udah mengalami migren sejak umur 17an th sebelah kiri,,,awalnya kejadiannya jarang…tp saat umur 20an migrenku lebih sering terjadi trus sy periksa ke dokter mata…soalnya penglihatan mata sy yg kiri juga agak kabur,trus kta dokter,,migrenku terjadi krn mataku minus,,sekarang sy dah pake kc mata,,,tp akhir akhir ini migren sy kumat terus hampir setiap hari kumat padahal sy sudah pakai kc mata,dan saat migren sy sudah minum obat pula tp tak kunjung sembuh2 migren nya saat itu meskipun…

    • uriut Agustus 30, 2012 at 10:49 #

      masalahnya bukan pada mata, tapi ya di kepala yg mempengaruhi juga ke saraf pengelihatan, banyak doker yg gaa tau soal penyakit migrain klasik ini, saya juga kalau lagi kambuh terus ke dokter keluhannya mata, malah disuruh ke dokter mata, jadilah saya gaa pernah ke dokter lagi kalau migrain. tidur di tempat gelap + minum susu bisa sedikit menenangkan.

  16. masta Februari 9, 2011 at 10:49 #

    pagi mas salam kenal for all by masta

  17. Antoni wijaya April 25, 2011 at 10:49 #

    migran,,saya pun penderita migran,,berat rasanya jika sudah terserang…

  18. obat herbal stroke Mei 5, 2011 at 10:49 #

    sy mau tanya,,sy sering pusing bila menahan2 kantuk,,telat makan,,bisa sampai 2 hari pening ,,apa solusi ringannya.

    • sayangdibuang Agustus 9, 2011 at 10:49 #

      Istirahat atau tidur bila ngantuk, jangan telat makan, dan biasakan pola hidup sehat!

  19. uvhi Mei 27, 2011 at 10:49 #

    Saya sering banget sakit kepala sebelah kanan, dan di sertai muntah dan mual,sesak nafas, setelah itu kaki saya ga bisa di gerkin selama 4 hari, memang sih setahun yg lalu saya pernah oprasi kelenjar getah bening pada leher tepat di belakang telinga kanan saya,,, kira” penyakit apa ya,,,?

    • sayangdibuang Agustus 9, 2011 at 10:49 #

      Bisa jadi anda terkena migrain. Namun, lebih bagusnya bila anda pergi ke dokter utk diperiksa agar bisa didiagnosis penyakit anda yg sebenarnya.

  20. pulzzahut Juni 14, 2011 at 10:49 #

    waduh gak banget deh kalo sakit kepala, gak ketulungan rasanya

  21. dewi Juni 22, 2011 at 10:49 #

    Salam,
    Saya salah satu penderita sakit kepala sebelah, tepatnya diatas alis sebelah kiri, dan disertai rasa mual pengen muntah, sudah satu bulan ini rasa sakit itu belum juga hilang, sering tengah malam saya terbangun karna rasa sakit yang ditimbulkan konsultasi medis telah saya lakukan tetapi belum membuahkan hasil, riwayat penyakit yang pernah saya derita pun telah saya sampaikan kepada dokter, dan dokter menyebutkan bahwa itu tak ada masalah, diagnosa medis megatakan bahwa sakit kepala yang saya derita disebabkan oleh Maag kemudian diberikan obat maag dan obat penghilang rasa nyeri di kepala, namun rasa sakit itu hilang hanya sesaat (kira-kira 12 jam) kemudian sakit lagi jika tidak minum obat. mohon sarannya untuk meringankan sakit yang saya derita. Terima Kasih

    • sayangdibuang Agustus 9, 2011 at 10:49 #

      Mungkin anda bisa coba pengobatan alternatif, misalnya dengan relaksasi, dibekam/hijamah, atau minum herbal habbatus saudah dan madu. Selain itu, kenali pencetus gejala tsb.(tdk stres, tdk dekat asap rokok, tdk minum kopi & makan coklat dsb) dan biasakan pola hidup sehat.

      Kita hanya berusaha & mencoba, Semoga berhasil.

  22. yuli Juli 6, 2011 at 10:49 #

    Assalamualaikum wr.wb
    Saya seorang penderita migrain,sudah 4 hari ini kpala saya sering terasa pusing bahkan sperti kluar otot,paling parah yg bagian kiri,kira2 obat apa yg manjur untuk penyakit saya,,??
    Trimakasih..
    Wassalam.

  23. aji Juli 15, 2011 at 10:49 #

    Saya pria berumur 23 tahun. Saya sering mengalami migrain, biasanya saya langusng minum obat anti migrain langsung sembuh. tapi 5 hari terakhir ini migrain saya msh terus terasa. padahal saya sudah minumobat yang biasanya saya minum. kemudaian ada rasa sakit dan kak di leher. kemudaian sakit kepala bagian belakang. waktu tidurpun tidak nyenyak. tengah malam saya terbangun karena merasa kesakitan. kepala rasanya seperti ditusuk dengan menggunakan jarum dan di pukul dengan beban berat. kematin saya sudah ke dokter. tapi tadi malam, saya juga masih mengalami sakit kepala yang sangat hebat tersuebut. mohon olusi untuk mengurangi sakit kepala saya ini. karena sudah hampir 3 hari ini saya tidk bisa bekerja karena sakit kepala saya…terimakasih.

    • sayangdibuang Agustus 9, 2011 at 10:49 #

      Periksakan dan konsultasikan lagi dg dokter anda. Mungkin kepala anda perlu di-scan. Bisa jadi bukan lagi sekadar migrain, mungkin yg lain. Dapatkan diagnosis dan hasil yg tepat ttg penyakit anda.

      Untuk mengurangi sakit dan alternatif pengobatan, bisa juga dicoba dibekam/hijamah atau penggunaan herbal, Semoga berhasil.

      • agus Februari 16, 2013 at 10:49 #

        Saya juga penderita migren, sudah 17 tahun saya merasakan sakit ini. Sekarang umur saya sudah 31 tahun, dulu apabila migren saya kambuh saya selalu minum obat sperti ( maaf d sebut merk) paramek, panadol. Satu tablet pertama sembuh, tp lama klamaan minum satupun msih skit. Hngga saya prnah meminum 3 bahkan 4 tablet sekaligus. Berbagai cara pengobatan alternatifpun. Sdh sya jalani, prtma2 ada perubahan.. Tp lama klamaan migren itupun kambuh lagi. Sayapun mncoba k rs untuk melakukan scan kpala. Hasilnya pun tidak ada apa2 dn baik2 saja. Sya dbrikan obat, sekali saya minum sembuh, tp k empat kalinya migren itu mnyerang sya obat itu sdh tdk manjur lg. Lalu sya mncoba terapi akupuntur, sdh ada prbahan slama terapi itu, tp trakhir ini migren saya kambuh lg. Dn saya prgi k t4 trpi akupuntur it lg.. Biasanya sya lgzng bisa tdur shabis dterapi, tp kmrn itu sakitnya mlah brtmbah parah rsanya sprti ada 5 pusat yg mmbuat saya sakit, smpai sluruh badan jika d sentuhpun saya mrasa sakit. Migren itu datang sebulan bisa 4 atau 5 kali.. Apa yang harus saya lakukan lagi?

  24. agus irawan Juli 15, 2011 at 10:49 #

    yuu…mhn bantuan saya sering sakit kepala sebelah kiri,,sakit itu terjadi sewaktu waktu parahnya 1 minggu itu bisa terkena 3 kali….dan sakit kepala itu datang bersamaan dengan antara bahu dan leher terasa pegal,,, dan apakah migrain itu karena pengaruh minum kopi,,karena bila hari ini saya minum kopi pasti besok hari saya terkena migrai,,jd mhn bantuan penjelasan dan cara mengobatinya.

    • sayangdibuang Agustus 9, 2011 at 10:49 #

      Salah satu pencegahan timbulnya migrain adalah mengenali gejala atau pencetus timbulnya. Kopi adalah salah satu pencetus timbulnya migrain oleh karena itu kurangilah sedapat mungkin.

      Anda bisa coba mengenalinya. Apabila anda tidak ngopi apakah gejala migrain anda timbul? Selamat mencoba dan usahakan pola hidup sehat ya…

  25. Fitri Juli 24, 2011 at 10:49 #

    Jika migrain dbiarkn tnpa d obti apa pun, apa akbat bruknya?

    • sayangdibuang Agustus 9, 2011 at 10:49 #

      Migrain bisa saja tanpa diobati apa pun, syaratnya adalah mengenali dan menghindari hal-hal yg dpt mencetuskan migrain. Atau dengan kata lain gunakan pola hidup sehat…

  26. arm Juli 25, 2011 at 10:49 #

    saya juga penderita migren klasik,
    Sebelum menderita sakit kepala sebelah, pasti didahului pandangan mata saya seperti memandang didalam kabut, putih dan bergoyang goyang, atau seperti kunang kunang beterbangan,, setelah itu diiringi gangguan pendengaran, dan rasa lelah di kaki/betis kurang lebih selama 1 jam, setelah itu sakit kepalanya sangat terasa dibelakang mata saya sebelah kanan, rasanya mata mau copot…
    Kalau sudah seperti itu, saya merasa mual dan gelisah,,
    Sampai saat ini yang saya lakukan jika penyakit keturunan ini (ibu saya mengidap juga) kambuh, ya berbaring dan minum air hangat, diselingi obat anti nyeri..
    migren adalah termasuk kram otak (vertigo, dan strok termasuk kram otak) yang penyembuhannya melalui terapi… Obat obatan hanya bertujuan untuk mengurang dan mencegah saja, bukan mengobati..
    Dan migren tidak ada hubungannya dengan sebuah virus…

  27. feriawati Agustus 3, 2011 at 10:49 #

    saya sering sakit kepala, terutama disebelah kiri atas kalau ditekan seperti ditusuk jarum, kadang rasa sakit yg saya rasakan hingga ke pundak, punggung sebelah kiri, pelipis mata bagian kiri.
    apakah sakit kepala saya termasuk migrain??apakah berbahaya?
    kira-kira apa ya penyebabnya dan bgmn cara menanggulanginya?
    mohon balasannya ya, atau langsung ke email saya, takut saya kehilangan blog ini.
    terima kasih.

    • sayangdibuang Agustus 9, 2011 at 10:49 #

      Seperti yg ditulis di atas, migrain kadang kala agak sulit dibedakan dengan sakit kepala jenis lain. Sakit kepala akibat gangguan pada sinus atau akibat ketegangan otot leher mempunyai gejala yang hampir sama dengan gejala migrain.

      Utk kemungkinan penyebab dan penanggulangan jg bisa dibaca di atas. Identifikasi pencetusnya dan coba tanggulangi. Pertanyaannya adalah seberapa sering dan seberapa parah sakitnya? Kalau ringan dan jarang, Istirahat dan relaksasi mungkin cukup buat Anda.

      Namun, jika ada gejala yg anda rasakan memang sdh selayaknya anda datang ke dokter, maka periksakan diri anda, agar bisa didiagnosis dg tepat.

  28. reny Agustus 3, 2011 at 10:49 #

    sayA mengalami skit kpala sbellah sudh sering terjadi… Tapi blm pernah periksa ke dokter..
    Apa skit ini hanya biasa saja???

    • sayangdibuang Agustus 9, 2011 at 10:49 #

      Seberapa sering dan seberapa parah?
      Kalau memang sdh sepatutnya pergi ke dokter spt yg dijelaskan pada tulisan di atas, segeralah periksa ke dokter.

  29. nisa Agustus 4, 2011 at 10:49 #

    kepala saya bagian belakang kanan sering sekali terasa sakit,nyeri dan nyut nyut,sampai kadang penglihatan saya terasa sangat pusing saat saya melihat.nyeri itu sering kali datang dalam selang bbrape menit setiap dalam aktivitas apapun. saya sangat membutuhkan jawaban nya tentang sakit kepala yang saya alami.

    jawaban nya kirim ke email saya karisa_nisa@rocketmail.com . terima kasih

    • sayangdibuang Agustus 9, 2011 at 10:49 #

      Nisa yang baik…

      Apakah gejala tersebut seringkali muncul? Berapa frekuensinya? Ada pencetus yg bisa diidentifikasi, misalnya krn makanan (coklat atau kopi), lingkungan (dekat asap rokok), kurang istirahat/tidur, atau lagi stress?

      Sejak kapan hal itu timbul? Apakah kepala belakang anda pernah terbentur keras?

      Untuk semua itu, mohon Nisa memeriksakan diri ke ahlinya/dokter agar didiagnosis utk diketahui penyakitnya.

      Untuk menjaga kondisi, perhatikan hal-hal yg bisa mencetuskan migrain dan kurangi atau hindari sebisa mungkin. Gunakan pola hidup sehat. Selamat mencoba.

  30. jho Agustus 20, 2011 at 10:49 #

    kepala saya sudah 3 hari ini sering sakit sebelah pas di tengkorak mata sebelah kanan…..sakit terjadi sekitar pukul 9 setiap hari,,,biasanya saya minum obat migran bisa sembuh, yang saya ingin tanyakan adakah kemungkinan penyakit yg saya derita yg saya tidak tahu dan kalau konsultasi ke dokter saya haru pergi ke spesialis apa? terimakasih.

    • sayangdibuang Agustus 23, 2011 at 10:49 #

      Kalau biasanya sdh minum obat sembuh, tapi kali ini tidak, bisa jadi obatnya sdh tdk pas lagi. Mohon konsultasikan ke dokter dan periksa, bisa jadi bukan lg sekadar migrain atau ada penyakit lain. Untuk pengobatan alternatifnya bisa dilakukan bekam/hijamah (khususnya bagian kepala), agar darah kotornya bisa dibuang/dikeluarkan. Juga kurangi atau hindari hal-hal yg bisa memicu timbulnya migrain, spt lingkungan yg buruk (asap rokok, polusi dsb), stres, minum kopi, atau kurang istirahat/tidur. Semoga bermanfaat.

  31. maria debora Agustus 26, 2011 at 10:49 #

    saya termasuk salah satu penderita migrain….
    tapi migrain yang saya alami termasuk migrain level ringan
    saya fikir saya terkena penyakit ini saat aktivitas saya tidak seperti biasanya,ataupun saat saya stres dan kurang tidur……
    penyakit ini sungguh mengganggu,
    saya pernah sampai tak pergi ibadah hanya karna penyakit ini………..

  32. surya September 7, 2011 at 10:49 #

    saya salah 1 penderita migrain aura, tapi belum parah, jadi kalau saya meminum parasetamol, atau aspirin apakah harus diminum 3 x sehari atau cuma diminum pas migrain aja ?

    • sayangdibuang September 7, 2011 at 10:49 #

      Obat-obatan sebaiknya tidak sering diminum alias saat dibutuhkan saja, kecuali atas rekomendasi dokter atau ahlinya.

  33. surya September 8, 2011 at 10:49 #

    ok thx infonya

    • danty November 22, 2011 at 10:49 #

      yu well came

  34. Rossy September 13, 2011 at 10:49 #

    halu.. umur saya 22th, sakit kepala udah 4 hari ini.. rasanya mual dan kadang batuk-batuk. tapi kumatnya kalo siang sampai malam, pagi normal-normal saja.. taunya sih cuma gara-gara sakit gigi, eh udah sembuh giginya, kepala tetep sakit mulu, parahnya ya jam 6 malam lebih.. berasa kepala mau pecah.. nah beberapa hari juga agak linglung dan stres, emosi tidak terkontrol.. maaf kira-kira cuma migren biasa ato nggak ya?

  35. ian September 19, 2011 at 10:49 #

    Saya sering mengalami sakit kepala sebelah kiri, sering mendadak munculnya tapi tanpa mual dan atau muntah, hanya berasa berat dan cenut2. Kalo saya melihat keatas akan terasa enak dan hilang sakitnya, tapi akan muncul kembali apabila saya turunkan kepala saya. Kenapa ini ya? mohon info. Thanks

  36. yoan Oktober 7, 2011 at 10:49 #

    saya menderita migrain sdh 10 tahun-an. bila migrain saya sedang kumat, seringkali saya memijat bagian kepala saya yg sakit. dan saat dipijat, pasti saya bersendawa seperti orang yg masuk angin. apakah masuk angin ada hubungannya dengan migrain? mohon infonya.. terima kasih..

  37. Illina Asfi Oktober 27, 2011 at 10:49 #

    saya sering sakit kepala dan tak mampu melihat sesuatu tulisan dengan jelas. mata saya akan menjadi kelabu dan pusing. saya sering muntah dan tidak dapat menjalankan tugas saya. sayahilang selera makan dan badab saya semakin susut. kulit saya menjadi kering dan saya kerap berasa letih. kepala saya akan sakit apabila bangun dari tidur atau melihat cahaya yang terang. saya juga sering hendak jatuh tetapi masih dapat ditahan. mood saya akan berubah ubah menjadi sedih dan gembira. saya juga sering merasa kenas pada tangan kiri. jari saya kerap berdenyut seperti ada yang menggigit gigit. adakah penyakit saya tergolong dalam brain tumor?

    • uriut Agustus 30, 2012 at 10:49 #

      migrain klasik ya mba??

  38. umbuih November 7, 2011 at 10:49 #

    saya manderita migrain sudah hampir 5 tahun. migrain menyerang ketika saya terlalu lelah, terkena panas bahkan ketika baru bangun tidur pagi hari. sakit ini sangat menyiksa karna sakitnya terasa tepat d belakang mata d bawah alis. terkadang disertai mual. apakah ini migrain atau penyakit lain? mohon penjelasannya.
    terimakasih

  39. danty November 19, 2011 at 10:49 #

    saya usia 20 thn.
    saya sering sekali skt kepala,leher,dan pundak pegel2.
    Apa penyebabnya ya ?
    Kadang hampir tiap hari rasa skt itu dtng.
    apa ini berbahaya buat kedepan nya

  40. Obat Tradisional Asam Urat November 23, 2011 at 10:49 #

    Saya pernah mengalami sakit kepala ,,,awal pertamanya ketika saya main bola,,, eh kepala bagian kiri depan saya tersiku,,, disana saya mulai penglihatan saya kayak seperti buram,,,,,, dan setelah itu saya mual-mual,,,dan muntah,,,,sampai pulang trus muntah2x eh besoknya mulai reda,,,,,, sampai sekarang saya kapok,,,lagi main bola kenapa yah bisa begitu,,,,
    thanks atas infonya,,,,,
    salam kenal

  41. Hielah Millah November 23, 2011 at 10:49 #

    thanks for your information ^_^
    Q copy ga pa2 ya……..

  42. marcos November 28, 2011 at 10:49 #

    belakangan ini, saya sering kali mengalami gangguan di kepala saya..
    yanbg seringkali saya rasakan adalh pusing, penglihatan mata terasa berat dan bahkan mualpun datang……
    saya sangat bingung ini gejala apa? dan cara ap yang harus saya lakukan untuk mencegak penyakit ini………
    tolong saya,, ap resep yang tepet untk saya…?

  43. Likin Desember 31, 2011 at 10:49 #

    Bagaimana cara mengatasi atau mengobati sakit kpala sebelah dgn ampuh?

  44. Anggia Lubis Januari 15, 2012 at 10:49 #

    Saya juga sering mengalami seperti teman2 alami (pusing kepala sebelah)
    Saya udah k dokter spesialis syaraf katanya karena hormon & harus ganti KB.
    Saya udah ganti, tapi nih sakit kepala sebelah g ilang juga.
    Yang saya tanyakan, saya harus periksa k dokter mana? Apakah dokter penyakit dalam?
    Terima kasih

  45. Yotta Baca Januari 17, 2012 at 10:49 #

    wah ternyata krn malas makan juga bs kena sakit kepala sebalah ya, hhmmm…
    ths infonya sob…

  46. Fitria Syafrudin Februari 24, 2012 at 10:49 #

    Makanan apa aja yg menjadi pencetus migren. Mohon info’y. Terima ksh.

  47. uriut Agustus 30, 2012 at 10:49 #

    migrain klasik nya gw banget.. baru tau kalo yg gw derita selama ini ternyata migrain klasik. temen2 gw pada aneh sm penyakit gw yg satu ini, krn gw sk bilang ke temen2 “kenapa wajah mereka yg gw liat pada sepotong semua”. pengelihatan gw terganggu kalo udah migrain.. gaa enak bangeeet. gw migren sejak kelas 5 sd.

  48. obat stroke Desember 4, 2012 at 10:49 #

    Informasi mengenai penyakit migren ini cukup lengkap dan bagus sekali..
    tapi ada yang ingin saya tanyakan, untuk pantangan yang paling dilarang bagi penderita penyakit migren itu apa yah??

  49. nevi Januari 8, 2013 at 10:49 #

    gw prnh jatuh dr motor saat bonceng tmn akhirnya gw pingsan aand jatuh.diagnosa dokter tekanan darah gw rendah,,tp jatuh gw dr motor udah sekitar 7-8taon lalu stlh ct-scan emang sempat ada pendarahan di otak gw tp krna kecil skalanya dokter yakin kl itu bakal ilang sendirinya.belakangan migrain itu lumayan sering dtg kira2 dlm 1bulan pst ada 1-2x kejadian,,biasanya sehari sebelumnya gw lemes aand jd sensi jg susah tidur,,prlu di ketahui gw jg penderita asma yg diturunkan dr dinasti papa gw,,migrainnya lebih sering tjd di bagian kiri tp kadang sebelah kanan jg,,minum mcm2 antipiretik efeknya cm 2jam ilang terus kambuh lg,,apa ada yg konslet ye di otak gw?apa obat yg cocok buat gw?

  50. atik Februari 4, 2013 at 10:49 #

    saya penderita migraine. paling sering sakit kepala. dari yang penuh sampe yg setengah, yaitu migraine.
    minggu ini migraine ini kembali menyerang. 4 hari blm sembuh. di hari kedua sempat minum 1 butir obt dari apotek. sembuh sebentar tp kumat lg smpai 4 hari. kmudian hari ke 6 ada nyeri lg. tapi tdk sesakit sblmnya.
    oiya, saya takut minum obat trlalu sering krna takut addict krna sy sering sakit kepala.
    apa ya solusinya pak? makasih.

  51. Shaka.MD Februari 21, 2013 at 10:49 #

    gan , saya termasuk penderita migrain klasik , atau migren aura …
    memang benar ,datang nya sacara tiba2 dan tidak diduga2 , mnrut saya itu juga faktor dari asam lambung yg terlalu tinggi ,, ini saya tadi malam juga mengalami migren klasik lagi , sampai muntah 4 kali , sampai perut saya kosong sekosong2nya , kenapa setiap Proses Muntah sudah selesai sakit Migrennya sendiri berubah menjadi sakit kepala biasa , tetapi urat-urat pada leher saya sangat merasakan tegang sekali , dan masi merasakan Mual ,.. oh iaa , biasanya migren klasik(aura) memiliki gejala awal sblum datangnya Migrain ,. saya mau tanya gan , gimana cara yg lebih efisien untuk mencegah migrain di awal tadi , dan di akhir biasanya stelah muntah , sakit kpla yg diiringi salah satu urat pd leher menegang , bagaimana tip dan caranya supaya lebih ringan lagi ,?
    TRIMS.

  52. Dinta Maret 21, 2013 at 10:49 #

    Siang,

    Saya mengalami migrain, setelah membaca info ini sepertinya saya migren aura. Saya belum pernah ke dokter untuk konsultasi mengenai hal ini walaupun sebenarnya memang mengganggu. Biasanya saya akan mengalami migrain jika kurang tidur, terkena sinar matahari yang sangat terik, juga berlebihan minum kopi dan minum es di siang hari. Belakangan saya juga sering mengalami kaku leher sampai tidak bisa menengok. Biasanya kaku leher bisa sembuh setelah 2hari, cukup diberi vicks atau balsem dan dipijat ringan.
    Mohon nasihat, alternatif lain apa yang bisa saya lakukan jika ingin terapi di rumah saja?
    Terima kasih sebelumnya.

    Dinta – Jakarta

  53. ima Mei 24, 2013 at 10:49 #

    huhu aku lagi kena migrain ,

  54. Yulian Juni 1, 2013 at 10:49 #

    saya seorang yg sering terserang migran,gejala awal biasanya penglihatan saya terggu sprti ada garis-garis dmata jg penglihatan dobel sejak bebrpa bulan terakhir ini sdah sring kdang stiap minggu

  55. moh Juni 1, 2013 at 10:49 #

    trims atas info nxa

  56. srie Juli 7, 2013 at 10:49 #

    saya juga kena migran,migran apapun itu entahlah,yang saya lakukan adalah mengepal kedua tangan saya bila sdg ngerasakan sakit disebelah kepala saya…apakah migran ini nantinya ada hubungannya dengan kanker otak…?

  57. bali tour Agustus 21, 2013 at 10:49 #

    Terima kasih atas informasinya

  58. Pondokibu September 12, 2013 at 10:49 #

    Terimakasih Infonya

  59. Muslim wedding organizer bekasi Januari 21, 2014 at 10:49 #

    sering banget nih aku migran giini

  60. Ocky D'bastian Maret 28, 2014 at 10:49 #

    Tolong solusinya dong untuk menyembuhkan penyakit migran yang terus”an timbul tanpa sepengetahuan saya,
    Obat apa yang paling ampuh untuk menghilangkan penyakit migran aura ini?

    Thank’s.

  61. abung Maret 30, 2014 at 10:49 #

    Udah seminggu lebih nie pusing di mata sebelah kanan disertai pilek dan batuk. Kl batuk pasti langsung sakit bgt. Saya perokok n pengopi. Ngopi udah saya kurangin. Tp sakit kepalanya belom berkurang”. Sampe” neuralgin selalu ada di tas kerja. Ada benarnya polusi juga menimbulkan sakit kepala karna saya sehari” berada di jalan. Sampai td sore pusing masih berasa kuat bgt. Sengaja udah berenti obat. Eh malem ini abis makan indomie, ilang tuh pusing… Kenapa ya???

  62. anisasasa Maret 31, 2014 at 10:49 #

    Saya juga salah satu penderita migrain….apakah ada cara pencegahan dengan terapi tradisional????

  63. gexwulan94 April 4, 2014 at 10:49 #

    Reblogged this on Dhessy Woulandari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 51 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: