11 Makanan yang Membantu Menurunkan Berat Badan Anda

2 Jun

Dalam keseharian kita yang disibukkan dengan berbagai aktivitas, seringkali kita tidak memperhatikan pola makan kita. Salah saatu akibatnya adalah bertambahnya berat tubuh yang tidak diinginkan. Berbagai cara kita lakukan, seperti diet, untuk menurunkan berat badan berlebih tersebut.

Untuk menurunkan berat badan secara efektif dan permanen, Anda butuh makan. Untungnya, alam menyediakan sajian lezat yang bisa membantu membakar lemak, mengecilkan perut Anda, dan tidak mengurangi nafsu makan. Seperti yang ditulis di laman shine.yahoo.com, inilah 11 makanan yang bisa membantu diet Anda.

1. Yogurt

Makanan yang biasanya ditempatkan dalam wadah berbentuk gelas ini mengandung banyak kalsium. Penelitian menunjukkan kalsium bisa membantu menghambat pertambahan berat badan dengan membantu absorpsi lemak pada usus kecil.

2. Telur

Ganti sarapan pagi dengan makanan pembakar lemak, alih-alih pancake lebih baik, ganti dengan telur dua butir. Berdasarkan penelitian, telur mengalahkan karbohidrat dalam hal mengenyangkan dan bisa membuat kita tahan untuk tidak memakan kudapan. Di sinilah terbukti telur mampu membantu menurunkan 65 persen berat tubuh.

3. Kacang-kacangan

pistachio

pistachio

Kacang mungkin banyak mengandung lemak. Namun, kacang seperti pisctachio mengandung lemak tak jenuh yang menyehatkan. Dan seperti kacang lainnya, pistachio memberi tambahan protein dan serat. Semua ini menjelaskan kenapa pistachio mampu membantu orang diet dengan menekan selera makan dan menurunkan berat badan.

4. Grapefruit

grapefruit

Dari semua makanan yang dikabarkan bisa memicu penurunan berat badan, grapefruit adalah yang paling terkenal. Penelitian menunjukkan bahwa buah ini mampu membantu mendapatkan tubuh ramping seperti seorang selebritas. Penelitian lain menunjukkan makan setengah buah ini sebelum makan besar bisa membantu orang yang melakukan diet kehilangan beberapa kilogram berat tubuhnya

5. Alpukat

Buah hijau yang diyakini buah para dewa di surga ini dengan rasanya yang manis bisa membantu mengecilkan pinggul. Ini benar! Para ilmuwan menduga lemak tak jenuh yang terkandung dalam alpukat bisa meningkatkan hormon penunda lapar yang disebut Leptin. Hormon ini bisa membuat otak Anda berpikir kalau tubuh sudah kenyang sehingga Anda berhenti makan.

6. Jamur

Jika Anda ingin mencoba trik menurunkan kalori yang mudah dan lezat, ganti daging dengan jamur untuk setiap resep masakan Anda. Secara otomatis, Anda akan memotong 420 kalori dari makanan Anda, sebagian karena Anda mengurangi lemak jenuh yang terdapat pada daging. Dan penelitian menunjukkan jamur sama nikmatnya dan mengenyangkan seperti daging.

7. Minyak Zaitun

Minyak yang kaya rasa ini bisa ditemukan pada salad dan marinade, mengandung lemak tunggal tak jenung yang disebut Asam Oleik. Asam ini memicu proses rumit di dalam usus yang secara langsung memerintahkan otak berpikir Anda kenyang dan membuat Anda berhenti makan. Minyak Zaitun juga berperan dalam diet gaya Meditteranian yang menyehatkan jantung.

8. Biji-bijian utuh atau Oat

Siap menukar perut buncit Anda dengan perut ramping? Maka gantilah sarapan Anda dengan bahan yang berasal dari biji-bijian utuh atau oat. Penelitian menunjukkan bahwa bahan makanan ini membantu mengecilkan bagian perut. Hasil penelitian juga menunjukkan 3.000 pria dan wanita yang beralih ke biji-bijian utuh bisa mendapatkan perut yang rata. Contoh makanan yang masuk kategori ini adalah beras merah, quinoa, sereal gandum, roti gandum, dan pasta.

9. Cabai merah

Tambahkan sedikit rasa pedas pada makanan Anda dan bukan hanya selera makan yang meningkat, tapi juga cara efektif untuk menurunkan berat badan. Sepiring cabai cayyene atau jalapeno atau cabai merah mengandung Capsaicin, pemicu rasa pedas pada cabai, yang menurut para ilmuwan bisa menurunkan selera makan dan mengurangi jumlah makanan di kemudian harinya. Komponen yang sama pada cabai juga bisa menghilangkan cadangan lemak.

10. Fava Beans

fava beans

Fava beans adalah sumber protein yang kaya akan flavanoid. Dalam penelitian selama 14 tahun, antioksidan spesial ini menunjukkan bisa membantu menurunkan akumulasi lemak berlebih pada perut. Kecilkan perut dan tubuh Anda dengan makanan ini.

11. Nasi dengan sayuran

Menambahkan sayuran berserat tinggi, seperti brokoli dan wortel pada nasi, akan membantu menurunkan jumlah kalori. Tapi, bukan hanya itu, menambahkan sayuran pada nasi pada saat makan siang mampu memperlambat perut menjadi kosong. Hasil akhirnya? Anda akan merasa kenyang lebih lama. Dalam penelitian, orang akan mengurangi jumlah makan malam kalau mereka menambahkan sayuran pada makan siang mereka.

Sumber: TEMPOinteraktif

About these ads

11 Tanggapan to “11 Makanan yang Membantu Menurunkan Berat Badan Anda”

  1. Pupudh November 27, 2011 at 10:49 #

    numpang ngopii buat artikel yya.,.

  2. Rin Nicole Maret 9, 2012 at 10:49 #

    9. Cabai merah

    Tambahkan sedikit rasa pedas pada makanan Anda dan BUKAN HANYA SELERA MAKAN YANG MENINGKAT, tapi juga cara efektif untuk menurunkan berat badan. Sepiring cabai cayyene atau jalapeno atau cabai merah mengandung Capsaicin, pemicu rasa pedas pada cabai, yang menurut para ilmuwan bisa MENURUNKAN SELERA MAKAN dan mengurangi jumlah makanan di kemudian harinya. Komponen yang sama pada cabai juga bisa menghilangkan cadangan lemak.

    kok jadi kontraddiktif ya? jadi, meningkatkan atau menurunkan selera makan sih???

    • boys Maret 23, 2013 at 10:49 #

      Bisa membakar lemak, tp meningkatkan nafsu makan… jd..low hbis minum jus cabai emg bisa bkin krus, tapi tahan diri untk tdk mkn dlu….

  3. cara diet Maret 14, 2012 at 10:49 #

    nice info :)
    wah tips-tipsnya membantu banget untuk penurunan berat badan
    bahan-bahan alamai seperti diatas memang sangat baik untuk menu diet, selain aman dan sehat juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang menjaga asupan kebutuhan tubuh

    Saya juga punya tips menarik tentang cara diet. Semoga membantu :)

  4. nayla Desember 20, 2012 at 10:49 #

    Saya suka banget makan masakan dari jamur, tapi tetap endapat kalori tinggi dari makanan tersebut, kenapa?
    soalnya makannya buanyak, sering nambah muluw hihihihi :-)

  5. melly November 22, 2013 at 10:49 #

    hehehe, ternyata cabe merah juga berkhasiat untuk menurunkan berat badan ya,
    brarti kalo makan buanyak berpotensi juga untuk lebih langsing, apa karena terbantu dengan keluarnya kotoran karena mules akibat konsumsi cabe tersebut, hehehehehe….

  6. ijah Desember 19, 2013 at 10:49 #

    sangat susah untuk menurunkan berat badan jika terlanjur gemuk, cara ini mungkin merupakan cara penurunan berat badan yang MENYENANGKAN karena prosesnya melalui ‘Makan’ juga, hahaha, doyan makan tapi berat badan turun? siapa yang mau? :-)
    asyiiikkk

  7. Dara Mei 31, 2014 at 10:49 #

    gan, kalo saya suka mengkonsumsi yogurt dan alpukat, enak dan memang terbukti juga bisa berkhasiat untuk membantu menurunkan berat badan, bagus untuk diet tuh, rekomendasi untuk orang orang yang sedang diet dan mencari makanan sehat, ya ini, bagus hasilnya

  8. Dara Juni 16, 2014 at 10:49 #

    minyak zaitun sudah terbukti berkhasiat , sdh banyak yang melakukan penelitian tentang minyak zaitun ini baik di Indo maupun di barat sono, namun kadang minyak zaitun terasa agak lengket saat digunakan, itu agak mengganggu dalam peakaiannya, tapi hasilnya sebenernya muantap kalo mau rutin, nmakasiih

  9. Tips Diet Agustus 6, 2014 at 10:49 #

    harus lebih bijak memilih makanan kayaknya nih

Trackbacks/Pingbacks

  1. 11 Makanan yang Membantu Menurunkan Berat Badan Anda « Sayang Dibuang | Tips Dietku - Juni 2, 2011

    [...] Read more… [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 52 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: