Kopi Bisa Menghalau Bau Mulut Tak Sedap

7 Feb

Anda memiliki gangguan pergaulan karena bau mulut? Ada kabar baik bagi mereka yang punya bau mulut mengganggu. Kabar baiknya adalah banyak-banyak saja ngopi. Menurut penelitian, kopi mengandung esktrak yang mempu mencegah bakteri penyebab bau mulut tak sedap.

“Ada yang mengira, kopi bisa memicu napas tak sedap. Memang ada benarnya, sebab kopi memicu efek dehidrasi pada mulut yang kalau dipadu dengan susu dapat terfermentasi dan menyebabkan bau tak enak,” jelas peneliti spesialis bau mulut  dari  Tel Aviv University,  Mel Rosenberg.

Isolasi Molekul

Tapi ternyata hal itu tidak selamanya benar. Rosenberg beserta timnya memonitor bakteri bau-bauan yang diproduksi kopi dalam air ludah. Hasilnya justru berlawanan dengan anggapan tadi. Komponen dalam kopi justru mampu meghilangkan bau napas tak sedap. Ia beserta timnya akan mengisolasi molekul penghambat bakteri agar bisa mendapatkan keuntungan antibakteri dari kopi.

“Bukan ekstrak mentah biasa yang akan kami pakai, melainkan materi aktif yang ada di dalamnya,” jelas Rosenberg. Jika temuan tersebut sungguh terbukti maka akan menjadi terobosan baru di bidang ilmu bau mulut. Artinya ada opsi lain penghilang masalah bau mulut di luar permen menthol, obat kumur atau permen karet.

Temuan ini telah dipublikasikan secara detail di  komunitas International Society for Breath Odor Research in Germany.

Diterjemahkan secara bebas dari Livescience.

Sumber: NetSains.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: