Makanan yang Dapat Mengurangi Gangguan Perut

24 Mei

Rasa tak nyaman pada perut, seperti kembung, diare, penuh gas, atau kram perut terjadi pada wanita 6 kali lebih sering ketimbang pria. Cegah rasa tak nyaman ini dengan mengurangi makanan yang bisa menimbulkan rasa tak nyaman dan menimbulkan reaksi semacam ini.

Ketika mulai terjadi gejala-gejala perut tak nyaman, segeralah cari makanan yang bisa membantu mengurangi rasa tak nyaman tersebut. Coba asup makanan berikut ini untuk membantu membuat perut Anda kembali nyaman.

Pepaya
Ketika Anda mengalami sembelit, orangtua atau teman-teman Anda pasti akan menyarankan untuk mengkonsumsi pepaya. Ya, pepaya memiliki enzim alami pencernaan yang bisa menguraikan makanan yang mengiritasi perut. Karenanya pepaya matang bisa membantu mengatasi diare, rasa panas, dan sembelit.

Jahe
Jahe sudah terkenal akan khasiatnya menghangatkan badan. Tak hanya itu, jahe pun baik untuk mengurangi rasa mual dan kembung.

Gandum
Gandum atau oat merupakan sumber serat  yang baik untuk memperlancar pencernaan. Bonusnya, gandum baik pula untuk menurunkan kolesterol.

Apel
Apel tinggi akan serat yang tak terurai air, juga kaya akan pectin, yakni enzim yang membantu mengurai dan mengurangi partikel makanan yang mengiritasi tubuh. Memiliki perut sensitif? Coba konsumsi apel dalam bentuk yang sudah terpanggang, misalnya, dalam pie apel, jangan yang masih segar.

Kayu manis
Biasanya digunakan untuk mengurangi rasa mual di pagi hari yang sering dialami ibu hamil, kayu manis ternyata juga baik untuk mengurangi diare, dan efektif untuk mengurangi gas dalam perut. Taburkan bubuk kayu manis dalam makanan Anda, seperti di atas ayam atau pie apel.

Alpukat
Sangat tinggi potasium, serat, aman di perut, juga baik untuk jantung, alpukat adalah buah yang baik untuk dikonsumsi. Coba iris alpukat tipis-tipis sebagai pengganti mayonais pada sandwich Anda.

Sumber: WomansDay

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: