5 Barang Pengancam Kesehatan

2 Feb

Sadarkah anda bahwa bahaya yang mengancam kesehatan ternyata ada di dalam rumah Anda sendiri.  Siapa sangka, barang-barang di rumah kita bisa menjadi sumber penyakit yang berbahaya bagi kesehatan. Bahkan, bisa menyebabkan penghuninya terserang penyakit hingga kematian.

Para ahli dari Barts and The London Hospital telah memperingatkan bahwa sekalipun di rumah, bukan berarti terlindungi dari bakteri berbahaya. Mereka ada di mana-mana, di toilet, mebel, bantal, talenan, sikat gigi, dan di dalam alas kaki. Seperti yang dikutip dari Genius Beauty, berikut daftar barang-barang tersebut.

1. Talenan kayu

Hingga kini, benda ini masih menjadi barang yang selalu ada di dapur. Fungsinya sebagai tatakan saat memotong bahan-bahan mentah untuk di masak. Menurut John Oxford, peneliti dari Universitas London, sebuah talenan kayu dapat menyimpan ribuan bakteri penyebab penyakit. Sisa potongan makanan yang mengendap dapat membuat koloni bakteri baru dan mengendap di kayu. Bakteri tersebut akan menempel di setiap bahan makanan yang kita potong.

2. Talenan plastik

Seringkali digunakan untuk mengganti talenan kayu yang lebih tradisional. Tak semua talenan terbuat dari plastik yang aman. Bahan plastik bisa berbahaya jika tidak sengaja terkonsumsi. Pilihlah produk talenan plastik yang menjamin keamanan plastiknya. Jika Anda tak yakin, saat talenan sudah tergores, lebih baik ganti dengan yang baru.

3. Sikat gigi

Peneliti dari Universitas Manchester mengungkap bahwa sebanyak 10 juta bakteri bisa berkumpul di sikat gigi. Tak hanya itu, virus penyakit dan jamur bisa berkembang biak di sana. Para peneliti menyarankan Anda untuk mengganti sikat gigi 2-3 bulan sekali.

4. Handuk

Kondisinya kurang lebih sama dengan sikat gigi. Dan untuk menghilangkan bakteri yang berkumpul di dalamnya, perlu pemanasan hingga 90 derajat celcius.

5. Bantal

Bakteri yang berkumpul pada bantal bisa menyebabkan gangguan pernapasan, gatal-gatal dan demam. Professor Jean Amberline, dari British Society for Allergy menyarankan untuk mengganti sarung bantal secara teratur, serta mengganti bantal setiap 2 tahun sekali.

Ayu Kinanti @id.news.yahoo.com, OkeZone.com

3 Tanggapan to “5 Barang Pengancam Kesehatan”

  1. ngobrolislami Februari 20, 2011 pada 10:49 #

    wah banyak juga ya bakterinya.
    kunjungi blog q ya
    ngobrolislami.wordpress.com

  2. Krisna Shop Maret 23, 2011 pada 10:49 #

    Bagus-bagus nih infonya 😛

    salam kenal yah… :mrgreen:

  3. kerajinan tangan September 5, 2012 pada 10:49 #

    Talenan Kayu merupakan salah satu produk hasil kerajinan tangan. Cara yang paling mudah dalam membersihkan talenan kayu adalah dengan menaburkan selapis garam meja dan mendiamkannya selama semalam. Setelah satu malam, gosok talenan kayu tersebut dengan lap dapur dan lalu bilas dengan air bersih. Garam disini berfungsi untuk menghilangkan minyak dan sekaligus sebagai abrasif untuk mengelupaskan kotoran yang menempel pada talenan kayu tersebut, semoga bermanfaat…:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: