5 Makanan Penting Untuk Cegah Rambut Rontok

13 Apr

Kacang-kacangan, sumber protein untuk vegetarianNormalnya, setiap hari rambut manusia akan rontok sebanyak 45-100 helai. Jika rambut rontok lebih banyak, Anda patut waspada.

Berikut ini makanan-makanan penting untuk mencegah rambut rontok, seperti dilansir Top Santé.

1. Vitamin B

Vitamin B sangat penting untuk mencegah rambut rontok karena dapat memperbaharui sel folikel.

Makanan yang banyak mengandung vitamin B adalah wortel, tomat, jeruk, tuna, telur, pisang, dan jamur. Selain itu, ada pula pir, apel, plum, sereal, roti gandum, kacang-kacangan, dan unggas.

2. Zat besi

Zat besi baik untuk memperlancar penyerapan nutrisi dan oksigen di akar rambut. Jika Anda konsumsi makanan mengandung zat besi, rambut Anda akan berkilau, tidak kusam dan rontok.

Makanan yang mengandung zat besi adalah kerang, puding, hati hitam, daging sapi, daging domba, kuning telur, tiram, peterseli, cokelat bubuk, tepung kedelai, sereal, almond, hazelnut, bayam.

Vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi, untuk itu rajinlah minum jus jeruk.

Namun, hindari konsumsi makanan yang mengandung zat besi bersamaan dengan meminum teh. Zat tannin yang ada dalam teh mampu menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh.

3. Sulfur atau belerang

Zat keratin dalam sulfur dapat menguatkan rambut Anda. Sulfur dapat ditemukan pada bawang putih, telur, daging, bawang, dan ikan.

4. Zinc atau seng

Sulfur dan zinc berperan dalam pembentukan rambut. Zinc ditemukan dalam sereal sarapan dari biji gandum, kacang-kacangan, bayam, roti, kacang polong, tiram, kerang, dan daging sapi.

5. Asam amino sulfur

Asam amino sulfur dapat menghindari munculnya kebotakan. Agar rambut tidak rontok apalagi botak, konsumsilah tuna, keju parmesan, daging ayam, daging sapi, kuning telur, tepung kedelai, kacang,  kacang pistachio, dan almond.

Selain makanan, gaya hidup Anda juga memengaruhi dan berdampak pada kualitas rambut Anda. Seimbangkan tidur, aktivitas fisik, relaksasi, dan konsumsi gizi Anda.

Iklan

4 Tanggapan to “5 Makanan Penting Untuk Cegah Rambut Rontok”

  1. jaka Juni 18, 2012 pada 10:49 #

    Bagus Ni Sharingnya,, Salam Kenal ya..

  2. saputra Desember 7, 2012 pada 10:49 #

    Kerontokan bagian depan atau tengah atau keduanya bisa di pastikan karena hormon dht,hormon dht berasal dr hormon testosteron yg ada pada pria (wanita memiliki hormon testosterone dalam jumlah yang sedikit)

    95% kerontokan disebabkan karena hormon dht .dan 5 persen lainnya karena stress atau memakai shampoo yg kurang baik

    cara merawat rambut rontok yang paling direkomendasikan adalah Nisim dari Canada

  3. Ria Ariyanti Desember 11, 2012 pada 10:49 #

    Very usefull

  4. Toko Suplemen Onlineku September 15, 2014 pada 10:49 #

    Terimakasih atas informasinya yang sangat bermanfaat. Mengatasi rambut rontok dapat dilakukan dengan perawatan dari dalam maupun luar tubuh. Perawatan dari dalam tubuh dapat dilakukan dengan mengkonsumsi suplemen yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Untuk perawatan dari luar tubuh dapat dilakukan di salon seperti creambath, hair mask maupun hair spa 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: