Melemahnya Daya Ingat di Usia Muda, Apa Penyebabnya?

12 Feb

Pikun atau melemahnya daya ingat biasanya dialami oleh orang yang telah lanjut usia. Namun, saat ini pikun juga biasa menyerang anak muda atau dewasa muda. Ketika usia masih baru di awal 20-an, Anda mungkin akan merasa cemas jika ingatan tidak berfungsi dengan baik. Apakah Anda mengalami pikun di usia muda?

Walaupun kegiatan Anda sehari-hari sangat menyita waktu dan pikiran, namun mudah lupa di usia muda bukanlah hal yang normal terjadi. Gejala ini biasa disebut dalam dunia medis dengan Short Term Memory Lost atau Short Memory Syndrome (SMS).  SMS membuat di penderita melupakan tindakan yang baru saja dilakukannya atau lupa pada suatu kejadian yang juga baru terjadi.

Kondisi orang dengan SMS bias disamakan dengan kepikunan yang terjadi pada orang lanjut usia. SMS disebabkan oleh adanya penurunan daya ingat sehingga penderita langsung menghilangkan rekam informasi yang diterima memori otak.

Beberapa pemicu bisa menjadi penyebab terjadinya kepikunan pada usia muda. Di antaranya:

Beban kerja yang tinggi dan berat di usia muda.

Adanya peredaran darah ke otak yang terganggu.

Adanya teknologi masa kini yang semakin canggih sehingga otot dan otak tidak lagi digunakan secara maksimal sehingga daya ingat pun menurun.

Menurunnya daya ingat juga bisa muncul karena faktor traumatis maupun non-traumatis. Faktor traumatis bisa berupa trauma yang muncul di kepala akibat pernah terbentur dengan keras. Sedangkan faktor non-traumatis muncul akibat adanya pembuluh darah yang terganggu walaupun tidak pernah terbentur apapun.

Namun, Anda tidak perlu khawatir SMS di usia muda dapat dicegah. Pencegahan dapat Anda lakukan dengan cara banyak mengonsumsi banyak asupan makanan yang bergizi dan memperbaiki pola makan.

Pola makan yang teratur dan menghindari makanan yang mengandung monosodium glutamate atau MSG adalah kunci yang akan membantu membersihkan aliran darah menuju otak yang sangat berperan penting terhadap kekuatan memori seseorang.

Selain menghindari MSG, Anda juga harus menghindari junk food dan makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Sebab, kolesterol dapat menghambat peredaran darah ke otak. Tetapi, jika kolesterol sudah ada di dalam tubuh, lakukan olahraga secara teratur seperti senam ataupun jalan kaki untuk menghancurkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Anda juga dapat terus menstimulasi otak supaya tetap berfungsi dengan baik dan menghindari pikun usia muda dengan cara melakukan permainan catur, puzzle dan teka-teki silang. Permainan tersebut dipercaya dapat meningkatkan daya ingat.

Sumber: id.she.yahoo.com (MeetDoctor.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: