7 Makanan Terbaik Bagi Kesehatan Mata

29 Agu

Di zaman yang makin maju teknologi dengan peralatan visual dan polusi yang kian memburuk, jutaan orang menderita degenerasi makula (macular degeneration),  katarak dan gangguan mata lainnya. Oleh karenanya, sangat penting mengonsumsi makanan yang baik untuk mata Anda. Ketika mata vaskular, mata membutuhkan makanan yang rendah lemak jenuh dan lemak trans untuk menjaga pembuluh darah mata tetap sehat.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa melindungi mata dimulai dengan makan makanan sehat. Makanan kaya lutein, asam lemak omega-3, vitamin C, vitamin E, zinc, dan antioksidan membantu mencegah sebagian besar masalah yang berkaitan dengan kemampuan visual di usia lanjut termasuk degenerasi makula dan katarak. Berikut makanan terbaik untuk menjaga mata Anda sehat.

1. Wortel
Tentu, wortel berada di daftar paling atas makanan terbaik untuk kesehatan mata. Wortel merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A dan beta-karoten yang meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan.

Selain itu, wortel kaya akan serat dan kalium (potassium) yang juga bagus untuk kesehatan mata. Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan yang tepat dalam tubuh dan serat membantu menjaga sistem pencernaan Anda secara efisien. Wortel juga tinggi falcarinol, suatu zat yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.

2. Salmon
Minyak ikan salmon, sarden, herring, makarel, dan halibut merupakan sumber yang sangat baik dari omega-3 asam lemak yang penting untuk kesehatan mata. Makan salmon secara teratur mengurangi risko degenerasi makula sebesar 38% dan membantu mengobati penyakit mata kering.

Salmon juga merupakan sumber terbaik dari vitamin D yang membantu meningkatkan kesehatan mata, kesehatan jantung, dan memainkan peranan penting dalam pertumbuhan tulang yang sehat. Asam lemak omega-3 dalam ikan salmon juga membantu mengurangi peradangan, menurunkan kolesterol, dan mencegah penyakit lambat dan Alzheimer. Dianjurkan untuk makan salmon setidaknya dua kali seminggu.

3. Sayuran hijau
Kale, bayam, lobak, sawi, dan sayuran hijau lainnya mengandung dua antioksidan kuat yakni zeaxanthin dan lutein yang disimpan dalam makula. Makula adalah bagian kecil dari retina yang bertindak sebagai tabir surya yang sangat alami, melindungi mata Anda dari sinar berbahaya.

Antioksidan dalam sayuran hijau menyerap cahaya biru yang sangat berbahaya bagi retina. Selain itu, dapat mendeteksi kontras yang lebih baik dan meningkatkan penglihatan. Banyak penelitian telah menemukan bahwa zeaxanthin dan lutein menurunkan risiko penyakit mata kronis, seperti katarak dan degenerasi makula terkait usia.

4. Jagung
Salah satu sayuran yang paling lezat dan serbaguna adalah jagung kuning yang kaya akan zeaxanthin dan lutein, antioksidan kuat yang baik untuk mata. Setengah cangkir jagung yang dimasak mengandung 1,8 gram pigmen. Mengonsumsi jagung secara teratur menurunkan risiko katarak dan membantu mencegah hilangnya pigmen kuning di mata. Jagung juga diperkaya dengan vitamin C, vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B1 (thiamin) dan folat.

Selain itu, jagung adalah sumber fantastis magnesium, fosfor, besi, tembaga, mangan, seng, dan antioksidan yang membantu tubuh memerangi penyebab kanker radikal bebas. Karena kandungan serat yang tinggi, jagung membantu mencegah wasir, menurunkan risiko kanker usus besar, diabetes, masalah jantung, serta membantu menurunkan berat badan.

5. Minyak zaitun
Alasan besar mengapa minyak zaitun sangat bermanfaat bagi mata adalah membantu tubuh menyerap nutrisi dari makanan lain. Jadi, minyak zaitun lebih dari sekedar campuran salad Anda untuk menyerap nutrisi dari tomat dan sayuran hijau atau bahan memasak ubi jalar dan daging.

Penelitian menunjukkan bahwa diet rendah lemak jenuh dan lemak trans dapat membantu mencegah penyakit retina. Minyak zaitun secara alami bebas kolesterol, karbohidrat, dan natrium, namun tinggi vitamin E–100 gram minyak zaitun segar menyediakan 96% alpha-tocopherol–dari jumlah kebutuhan harian yang disarankan.

Selain itu, kaya vitamin K–100 gram minyak zaitun extra alami menyediakan 50%–dari asupan harian yang direkomendasikan. Vitamin K sangat penting untuk mencegah penyakit jantung, membangun tulang yang kuat, dan menjaga kesehatan mata.

6. Tomat
Tomat merupakan sumber karotenoid yang sangat baik, termasuk likopen (lycopene), senyawa antioksidan yang memberikan warna merah tomat yang sempurna. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa likopen membantu melindungi retina dan bagian mata lainnya dari kerusakan ringan.

Likopen juga melindungi sel-sel dari kerusakan dan mencegah prostat, sakit perut, dan kanker paru-paru. Tomat juga banyak mengandung vitamin C yang melindungi mata, menyembuhkan luka, dmenangkal radikal bebas, dan meningkatkan penyerapan zat besi. Tomat juga menyehatkan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh dan kekuatan otak.

7. Ubi jalar
Makanan baik lainnya untuk kesehatan mata adalah ubi jalar. Mengandung beta-karoten untuk membantu menjaga kesehatan mata. Sama seperti wortel, ubi jalar mengandung beta karoten yang berlimpah, vitaminA, vitamin C, serat, mangan, potasium, yang semuanya itu baik untuk mata.

Sebuah ubi jalar menyediakan lebih dari 200% beta-karoten asupan harian yang disarankan, 28% asupan mangan harian, dan 40% kebutuhan vitamin C harian. Ubi jalar merupakan sumber vitamin D yang penting bagi sistem kekebalan tubuh, tingkat energi, kesehatan mata, dan pertumbuhan tulang. Ubi jalar juga baik untuk kesehatan jantung. Kadar kalium dan vitamin B6 yang tinggi dari ubi jalar membantu mencegah tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: